Tugas Administrasi Server Jaringan (ASJ)


Hai semua nya,
Perkenalkan nama saya Immanuel Ananda Putra dari XI TKJ A. di postingan kali ini saya akan mengulas kembali apa yang telah saya pelajari pada mata pelajaran Administrasi Server Jaringan ( ASJ ). Kita langsung mulai aja. Jadi minggu lalu itu saya belajar menginstall dan menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu. Tetapi saya menggunakan software simulasi yaitu Oracle Virtual Box. Saya diajarkan uintuk mengkonfigurasi jaringan dan hostname. Contoh nya seperti dibawah ini

Konfigurasi Interface :
Address         : 192.168.0.19
Netmask        : 255.255.255.0
Network         : 192.169.0.0
Broadcast      : 192.168.0.255
Gateway        : 192.168.0.2
Nameserver   : 192.168.1.1 8.8.8.8

- #systemctl restart networking   berfungsi untuk merestart konfigurasi interface jaringan.
- #systemctl status networking    berfungsi untuk mengecek status jaringan.
- #nano /etc/hostname berfungsi untuk mengubah hostname.

- $sudo -i berfungsi  mengubah menjadi root.
- #reboot  berfungsi untuk merestart program yang sedang di jalankan.
- #poweroff berfungsi untuk menutup operasi system

Demikian yang telah saya pelajari selama seminggu lalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Jaringan Komputer