Tugas Jaringan Dasar
1.       Jelaskan tipe jaringan yang kamu ketahui ?
Secara umum tipe jaringan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu peer to peer dan client-server. Perbedaan yang paling mendasar diantara dua tipe jaringan tersebut adalah pada client-server terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai server yang melayani client-client yang lain sedangkan pada peer to peer tidak ada komputer yang secara khusus didedikasikan sebagai server ataupun client, setiap komputer bisa bertindak sebagai client ataupun server

2.       Jelaskan perbedaan hub dan swirch !
Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan. Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.

3.       Apa yang dimaksud dengan IP address ?
adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

4.       Sebutkan jenis penomeran IP address ?
IPv4 dan IPv6

5.      Ada berapa layerkah protokol menurut referensi OSI ? Sebutkan !
· Application
· Presentation
· Session
· Transport
· Network
· Datalink
· Physical

6.       Sebutkan tujuan membangun jaringan komputer ?
Tujuan dibangunya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

7.       Sebutkan 5 perangkat keras jaringan dan jelaskan !
-Kartu Jaringan è  Keunikan pada kartu jaringan atau network interface card adalah terdapatnya bagian yang bisa untuk memasang kabel untuk komunikasi di dalam jaringan sehingga dapat berguna dalam menghubungkan antar komputer dan bertukar file atau data.
-Ethernet Hub è perangkat keras atau hardware yang dapat menghubungkan beberapa komputer sekaligus dan juga menyatukan beberapa kabel jaringan dari server, workstation, dan perangkat lainnya di dalam jaringan.
- Bridge è perangkat keras dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berpisah.
- Router è Router difungsikan sebagai pengatur aliran data dan informasi pada satu jaringan dengan jaringan yang lain.
- Kabel è Yang biasanya telah diketahui bahwa kabel transmisi pada jaringan komputer itu ada tiga jenis yakni kabel ulir atau kabel berpasangan, kabel koaksial, dan kabel serat optik. Pada kabel transmisi di bagian ujungnya dilengkapi oleh konektor yang sudah disesuaikan.

8.       Jelaskan tujuan OSI Layer
Untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protokol jaringan dan metode transmisi.

9.       Sebutkan tipe kartu NIC ?
PCI Adapter, USB Adapter, CardBus /PCMCIA, ExpressCard, PCI Express USB 3.0 Adapter

10.   Apa yang kamu ketahui tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah jaringan !
FAULT TOLERANCE, SCALABILITY, QUALITY OF SERVICE, SECURITY

11.   Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang lan, man, wan
-LAN è Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil
- MAN è adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
- WAN è merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

12.   Jelaskan fungsi modem !
·         Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
·         Menghubungkan perangkat dalam jaringan
·         Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
·         Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
·         Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal
13.   Apakah fungsi dari RJ 45 ?
penghubung atau konektor kabel ethernet yang digunakan dalam jaringan. Konektor RJ 45 biasanya terdapat pada ujung kabel UTP (unshielded twisted pair) yang menghubungkannya ke pemancar penerima (transceiver).

14.   Buatlah susunan kabel untuk cross dan straight !


- Cross
Orange Putih pada Pin 1
Orange pada Pin 2
Hijau Putih pada Pin 3
Biru pada Pin 4
Biru Putih pada Pin 5
Hijau pada Pin 6
Coklat Putih pada Pin 7
Coklat pada Pin 8.

Hijau Putih pada Pin 1
Hijau pada Pin 2
Orange Putih pada Pin 3
Biru pada Pin 4
Biru Putih pada Pin 5
Orange pada Pin 6
Coklat Putih pada Pin 7
Coklat pada Pin 8.


- Straight
Putih-orange
Orange
Putih-hijau
Biru
Putih-biru
Hijau
Putih-coklat
Coklat

15.   Apa yang saudara ketahui tentang OSI dan TCP/IP ?
-TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan salah satu jenis protokol jaringan yang dapat memberikan keleluasaan dalam berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam satu jaringan walaupun platform yang digunakan pada komputer-komputer tersebut berbeda satu sama lain.
- OSI adalah protokol untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang perangkat keras / “hardware” yang digunakan, sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard.

16.   Apa saja yang dapat dilakukan oleh wireless LAN, Jelaskan ?
Dengan kemampuan WLAN, pengguna dapat melakukan melakukan koneksi ke jaringan internet secara mobile (wirelessly) dan sangat cocok dipakai oleh user diarea kantor, rumah sakir, kampus, hotel, bandara ,maupun dirumah.

17.   Uraikan keunggulan dari jaringan Peer to Peer !
·         Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.
·         Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
·         Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

18.   Sebutkan fasilitas-fasilitas yang terdapat pada jaringan computer !
Transfer Data, HTTP, FTP, SMTP, DNS, Telnet, Gopher, Cloud,

19.   Jenis jaringan komputer dimana semua host dapat menjadi server dan client adalah ?
Peer-to-peer

20.   Jelaskan fungsi dari DHCP !
Untuk mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer dan memberikan kemudahan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan komputer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Jaringan Komputer